CALL FOR PAPER SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT PERGURUAN TINGGI 2017

Pedoman Pelaksanaan
Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi Tahun 2017
“Pemberdayaan Masyarakat untuk Pembangunan Bangsa yang Sehat, Mandiri, dan Sejahtera”

 
A. Latarbelakang

 

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi selain pengajaran dan penelitian. Pengabdian masyarakat yang menerapkan Ipteks idealnya memberi kontribusi dalam pembangunan dan transformasi sosial di Indonesia. Hasil karya dan pengabdian Ipteks tidak cukup hanya dibicarakan dalam ruang-ruang kelas di universitas atau dalam diskusi-diskusi akademik saja, tetapi juga secara intensif dikembangkan oleh aktor-aktor pembangunan dalam penyelidikan dan diagnosa guna melahirkan solusi-solusi teknis berupa program-program intervensi sosial untuk memperbaiki dan memberi kesejahteraan bagi masyarakat.

Banyak hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan para dosen yang belum diketahui publik. Pengabdi “bekerja dalam diam” padahal hasil pengabdian seyogyanya disebarkan kepada masyarakat untuk menginspirasi dan mendorong banyak orang agar peduli terhadap masalah-masalah yang dihadapi bangsa. Mengakomodasi kebutuhan desiminasi hasil-hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh pelbagai disiplin ilmu, seminar nasional ini dapat menjadi ajang komunikasi antar sesama peneliti/pengabdi.

Dalam rangka merayakan 60 tahun Antropologi Indonesia, Pusat Kajian Antropologi Universitas Indonesia mengundang dosen-dosen perguruan tinggi se-Indonesia untuk berpartisipasi menyumbangkan pemikiran dan kiprahnya untuk diskusi dan berbagi pengalaman dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat

Topik

Topik seminar bersifat terbuka mengingat luasnya variasi topik dan minat para pengabdi dalam berbagai bidang pengabdian masyarakat, seperti pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang-bidang kesehatan, ekonomi, teknologi, lingkungan, pariwisata, pendidikan, dan lain-lain.

 

 

B. Tujuan

Tujuan kegiatan ini antara lain sebagai berikut.

- Curah pemikiran dan pengalaman serta desiminasi hasil pengabdian masyarakat dalam proses pembangunan di Indonesia;

- Ajang diskusi hasil-hasil pengabdian masyarakat untuk dikritisi secara akademik.

 

C. Peserta

Peserta dalam kegiatan ini ialah dosen-dosen perguruan tinggi se-Indonesia yang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat atau penerima hibah pengabdian masyarakat.

 

 

D. Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Kegiatan Seminar Nasional dilaksanakan pada 8-9 November 2017 di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

 

E. Biaya Pendaftaran

Setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 750.000,-. Setiap makalah/tim diperkenankan untuk mendaftarkan lebih dari satu peserta, baik sebagai presenter maupun non-presenter. Peserta akan mendapatkan sertifikat, seminar kit, dan prosiding ber-ISBN* Biaya pendaftaran dikirimkan melalui Bank CIMB Niaga 80008 2880 500 a.n Pusat Kajian Antropologi. Makalah dapat dikirim melalui surelpuska.antrop.ui@gmail.com.

Kuota seminar ini adalah 100 pemakalah. Apabila jumlah pemakalah kurang dari 90 pemakalah, maka pelaksanaan Seminar Nasional dapat dipertimbangkan untuk ditunda hingga waktu yang ditentukan kemudian.

*) Prosiding ber-ISBN dalam bentuk CD, jika peserta menginginkan dalam bentuk cetak, ada biaya tambahan

 

 

F. Format Penulisan

Ketentuan umum penulisan:

  • Ukuran kertas A4; 
  • Menggunakan format penulisan 1 kolom dengan margin last custom setting (top 2.5 cm, left 2.5 cm, bottom 2.5 cm, dan right 2.5 cm); 
  • Panjang naskah 8-15 halaman dengan bagian isi sekitar 2000-3000 kata (di luar abstrak dan daftar pustaka); 
  • Semua catatan dalam makalah hendaknya tersusun secara rapi dengan ketentuan penulisan ilmiah yang berlaku; dan 
  • Catatan kaki, agar ditulis di bagian bawah halaman, bukan pada bagian belakang makalah.  

 

Struktur penulisan:

 

  • Judul menggunakan fontTimes New Romanukuran 14, cetak tebal, dan ditempatkan simetris di tengah. 
  • Nama penulis ditulis di bawah judul, berjarak 1.5 spasi. Diketik dengan fontTimes New Roman ukuran 14. 
  • Nama afiliasi ditulis di bawah nama penulis, berjarak 1 spasi. Diketik dengan font Times New Roman ukuran 11 dan dicetak miring. 
  • Email penulis ditulis di bawah nama lembaga afiliasi, berjarak 1 spasi. Diketik dengan font Times New Roman ukuran 12.  
  • Abstrak 
    • Kata “Abstrak” dicetak tebal dengan font Times New Roman ukuran 12 dan di tempatkan simetris di tengah. Jarak antara email dan kata “Abstrak” diberi dua spasi kosong, dengan ukuran huruf 12 pt.
    • Teks abstrak ditulis dalam satu paragraf yang terdiri dari 150-200 kata dengan menggunakan huruf Times New Roman 10 pt dengan spasi satu.Di bawah teks abstrak dicantumkan kata kunci (keyword) yang terdiri atas 3 sampai 5 kata dan/atau kelompok kata yang ditulis sesuai urutan abjad. Antara kata kunci dipisahkan oleh titik koma (;).
  • Isi 
    • Isi naskah (dari pendahuluan hingga kesimpulan) ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 12, dengan spasi 1,5.
    • Setiap judul sub bab ditulis dengan cetak tebal.
  • Daftar referensi 
    • Daftar referensi ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 12, dengan spasi 1.
    • Daftar referensi disusun dengan merujuk pada gaya penulisan APA (American Psychological Association) Style, seperti pada contoh berikut.Conley, D. 2002. The daily miracle: an introduction to journalism, Oxford University: Press, New York.
      • Anna, N & Santoso, CL. 199. Pendidikan anak. Edisi ke-5. Family Press: Jakarta.
      • Hall, M. 1999. „Breaking the silence: marginalisation of registered nurses employed in nursing homes‟, Contemporary Nurse. Vol. 8, No. 1, hlm. 232-237.
      • Wijaya, K, Phillips, M & Syarif, H 2002, „Pemilihan sistem penyimpanan data skala besar‟, Jurnal Informatika Indonesia, Vol. 1, No. 3, hlm. 132-140.

G. Linimasa Kegiatan

Batas akhir pengumpulan makalah: 10 November 2017

Pengumuman penerimaan makalah: 15 November 2017

Pelaksanaan Seminar Nasional : 28 November 2017

 

H. Informasi

Pusat Kajian Antropologi UI
Gedung B FISIP UI Lt. 1, Depok 16424
puska.antrop.ui@gmail.com (021) 78881032
Narahubung: 08121367971 (Prisinta)
085890519898 (Diky)

Departemen Antropologi FISIP-UI Gedung B lantai 1

Kampus UI Depok 16424

telp/fax (021) 788-49022, (021) 787-0348