Heman Antropologi meraih peringkat III di Limas FISIP 2013

 

 

 

 

Limas (Lomba Ilmiah Mahasiswa) adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh divisi keilmuan BEM FISIP UI berupa serangkaian lomba yang diselenggarakan untuk memfasilitasi kompetisi antar jurusan di FISIP dalam bidang akademis. Adapun cabang-cabang yang diperlombakan adalah Poster, Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Esai Kritis, PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang terdiri atas 4 sub-cabang, dan Trivia yaitu semacam kuis cerdas cermat. Setiap jurusan kemudian akan mengirimkan perwakilan di setiap cabang perlombaan, di mana juara-juara di setiap cabang akan memperoleh poin untuk diakumulasi pada poin jurusan. Jurusan dengan poin terbanyak berhak menjadi juara umum.

            Di setiap jurusan, acara ini akan dikoordinir oleh divisi keilmuan masing-masing himpunan mahasiswa. Setiap jurusan memiliki strategi tersendiri untuk dapat meraih kemenangan di kompetisi bergengsi ini. Dalam catatan 3 tahun terakhir, antropologi selalu berhasil berada di posisi 3 besar juara umum Limas dari semua cabang perlombaan. Limas seperti menjadi ajang tersendiri bagi jurusan antropologi untuk unjuk gigi dalam bidang akademis di hadapan 7 jurusan lainnya di FISIP. Melalui kemenangan-kemenangan inilah antropologi menjadi semakin dipandang di FISIP; kemenangan-kemenangan kami menunjukkan bahwa kuantitas tidak mempengaruhi kualitas, bahwa jumlah yang sedikit tidak menghalangi kami bersaing dengan jurusan-jurusan lain yang jumlahnya lebih banyak.

            Strategi masing-masing jurusan tentunya berbeda untuk memperoleh kemenangan. Antropologi yang terkenal dengan perspektif kritis dan kemampuan penulisan ilmiah yang memadai menggunakan hal-hal ini sebagai strategi andalan dalam menghadapi Limas. Hasilnya tidak sia-sia. Tahun ini, 3 dari 5 finalis esai kritis yang masuk ke tahap presentasi dari jurusan antropologi. Posisi 3 besar ditempati oleh 2 mahasiswa dari antropologi sebagai juara 1 dan juara 2. Bidang PKM yang merupakan bidang perlombaan dari DIKTI ditembus oleh 3 tim dari jurusan antropologi, satu tim lainnya adalah tim gabungan dengan jurusan lain. Perbanyakan jumlah kontingen di cabang penulisan seperti PKM dan Esai sepertinya menjadi strategi yang efektif yang membawa antropologi sebagai juara umum 3 setelah Komunikasi dan HI. Tahun ini peningkatan juga terjadi pada cabang lain di mana 2 dari 8 finalis poster yang masuk pada tahap pameran dan presentasi karya adalah mahasiswa antropologi dan salah satunya berhasil mencapai juara 3. Sebuah pencapaian yang mengesankan!

 

Departemen Antropologi FISIP-UI Gedung B lantai 1

Kampus UI Depok 16424

telp/fax (021) 788-49022, (021) 787-0348