Seminar Karya Etnografi 2017

Memahami Dinamika Sosial Budaya Masyarakat Pesisir Indramayu

Setelah selama satu semester mengenyam perkuliahan Metode Penelitian Antropologi, ditambah dengan selama dua minggu praktik penelitian lapangan di Desa Cangkring, Indramayu, Jawa Barat, kuliah Metode Penelitian Etnografi yang dikoordinatori oleh Prof. Yunita Winarto menyelenggarakan kegiatan Seminar Karya Etnografi bagi mahasiswa S1 Antropologi UI. Kegiatan seminar ini merupakan "puncak" kegiatan akademik dari rangkaian kuliah metode di jenjang S1 Antropologi UI.

Seminar Karya Etnografi diadakan selama dua hari, yaitu sejak tanggal 2 November 2017 hingga 3 November 2017 di Kampus FISIP-UI. Kegiatan seminar dibuka untuk umum dan dibuka langsung oleh Ketua Departemen Antropologi FISIP-UI, Dr. Tony Rudiansyah. Seminar etnografi diikuti oleh 46 mahasiswa pemakalah peserta kuliah metode penelitian dengan beragam topik dan tema, antara lain tentang pertambakan, nelayan, pendidikan, gender, kesehatan, kekerabatan, dan lain sebagainya.

Tema seminar ini adalah "Mempertahankan Kehidupan, Menggapai Kesejahteraan: Dinamika Masyarakat Pesisir Desa Cangkring, Indramayu, Jawa Barat". Tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa antropologi dan FISIP, seminar ini juga dihadiri oleh para pengajar dan kepala desa Cangkring serta salah satu pejabat desanya. Seminar diadakan selama dua hari di Auditorium Juwono Sudarsono, F. 202, Auditorium Komunikasi, dan H. 503. Kegiatan seminar ditutup oleh Ketua Program Studi Antropologi, FISIP, Dr. Semiarto Aji Purwanto.

Departemen Antropologi FISIP-UI Gedung B lantai 1

Kampus UI Depok 16424

telp/fax (021) 788-49022, (021) 787-0348