Dies Natalis 60 Tahun Antropologi UI

Refleksi dan Kontribusi Kita

PIDATO kunci yang disampaikan oleh Dr. Kartini Nurmala Sjahrir sungguh apik, cantik, dan amat relevan dalam “merayakan” usia 60 tahun Antropologi Indonesia. Para ahli antropologi, menurut Kartini, mesti keluar dari kepompong dan menjadi kupu-kupu, beraneka warna, dan berkiprah di banyak tempat. Pidato tersebut disampaikan dalam pembukaan konferensi antropologi yang diselenggarakan oleh Departemen beserta Pusat Kajian Antropologi UI di Kampus FISIP-UI, Depok pada tanggal 14-15 September 2017. konferensi ini memilih “refleksi dan kontribusi antropologi untuk Indonesia sebagai tajuk atau tema konferensi. Tema tersebut dipilih mengingat peran antropologi dirasa semakin dibutuhkan dalam kondisi sosial-politik-budaya Indonesia yang dinamis.

Diikuti oleh sekitar 63 pemakalah dari berbagai universitas di Indonesia, konferensi 60 tahun Antropologi Indonesia ini memiliki beberapa topik yang terbagi ke dalam tujuh panel, yaitu: transformasi sosial dan pembangunan, gerakan sosial, multikulturalisme dan masalah identitas politik, masalah-masalah lain dalam multikulturalisme, serta antropologi maritim. Sebagai panelis dari setiap panel juga datang dari beberapa ahli antropologi dari berbagai universitas di Indonesia, yaitu: Haswinar Arifin, Dr. Mia Siscawati, Dr. Suraya Afiff, Dr. Pinky Saptandari, Dedi S. Adhuri, Yanuardi Syukur, dan Iman Fachruliansyah. Di hari pertama konferensi panel berjalan secara pararel dipimpin oleh masing-masing panelis.

Turut hadir pula sebagai Keynote Speaker, Alan H. Feinstein (Direktur AMINEF) yang berbicara tentang kajian aspek pendanaan dan field building antropologi. Sementara pada sesi presentasi pleno, dibahas studi kasus perubahan politik lokal pada masa pemekaran di Papua oleh Rupert Stasch dari University of Cambridge, dan program fullbright serta dinamika perkembangan ilmu sosial/humaniora di Indonesia oleh Fadjar I. Thufail (PSDR LIPI). Di hari kedua (15/9), diselenggarakan forum berbagi antardepartemen antropologi seluruh Indonesia. Di sini, masing-maisng perwakilan menceritakan pengalamannya dalam mengelola departemen antropologi di universitas masing-masing, serta pembacaan hasil konferensi.

Departemen Antropologi FISIP-UI Gedung B lantai 1

Kampus UI Depok 16424

telp/fax (021) 788-49022, (021) 787-0348