Kuliah Penelitian Etnografi S1 2017

Belajar Memahami yang Liyan

PADA tanggal 27 Juli hingga 6 Agustus 2017, Mahasiswa Antropologi FISIP-UI semester 7 melaksanakan kuliah lapangan untuk Metode Penelitian Etnografi di Desa Cangkring, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kegiatan turun lapangan untuk melakukan penelitian etnografi ini merupakan bagian dari kegiatan akademik mahasiswa dalam perkuliahan antropologi di UI. Sebelumnya, pada semester 6, mahasiswa telah mendapat kuliah Metode Penelitian Antropologi untuk memperdalam pengetahuan teoretik dan metodologi dalam atau sebelum melakukan penelitian etnografi. Pada tahun 2017, kuliah ini dikoordinatori oleh Profesor Yunita Triwardani Winarto dan dibimbing oleh enam staf pengajar lainnya, yaitu Prof. Yasmine Zaky Shahab, Dr. Irwan Martua Hidayana Dr. Jajang Gunawijaya, Dr. Dian Sulistyawati, Dr. Prihandoko, dan Ezra M. Choesin, M. A. Sejumlah kurang lebih 48 mahasiswa terbagi ke dalam tujuh kelompok yang masing-masing kelompok dibimbing oleh satu orang staf pengajar tersebut.

Sebelum turun ke lapangan, masing-masing mahasiswa telah mempersiapkan rancangan penelitian (research design) yang juga telah dipresentasikan dalam sebuah forum seminar. Seminar RD ini dimaksudkan untuk memberikan masukan kepada setiap mahasiswa agar menyempurnakan rencana penelitiannya. Kegiatan penelitian lapangan sebelumnya telah diawali dengan penelitian pendahuluan pada semester sebelumnya. Saat kegiatan PE ini berlangsung, mahasiswa bersama staf pengajar yang turut membimbing dari Depok, Jawa Barat, pagi hari pukul 08.00 WIB dan tiba di Desa Cangkring, Indramayu pada pukul 14.00 WIB. Selama di Desa Cangkring, mahasiswa tinggal bersama warga di rumah-rumah warga. Setiap rumah warga menerima dua hingga tiga orang mahasiswa untuk tinggal bersama mereka. Banyak tema dan topik tentang nelayan dan petambak yang diambil mahasiswa karena memang lingkungan ekologis dari desa tersebut adalah lingkungan pesisir yang sarat akan nelayan dan petambak. Namun demikian, terdapat banyak topik lainnya, seperti mengenai kesehatan, politik, ekonomi, pendidikan, gender, dan lain sebagainya. Ketika di lapangan, mahasiswa didampingi dengan dosen pembimbingnya melakukan observasi dan wawancara mendalam dengan para informan mereka.

Dalam kurun waktu penelitian tersebut, mahasiswa juga secara intensif melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing masing-masing. Selama kurang lebih sepuluh hari di sana, diadakan tiga kali evaluasi bersama yang dipimpin oleh Prof. Yunita sebagai koordinator untuk mengulas masalah catatan lapangan, teknik penelitian, dan ragangan. Pada malam terakhir penelitian, diadakan acara malam perpisahan yang berisikan penampilan-penampilan dari mahasiswa, pengajar, dan warga sebagai ungkapan saling terima kasih atas ilmu dan informasi yang saling didapat dan dibagikan. Setelah kegiatan penelitian lapangan ini selesai, tahapan beirkutnya adalah seminar ragangan dan seminar hasil karya/tulisan etnografi itu sendiri pada awal November 2017

Departemen Antropologi FISIP-UI Gedung B lantai 1

Kampus UI Depok 16424

telp/fax (021) 788-49022, (021) 787-0348